Tugas Tutorial II MTK : Pembelajaran IPA di SD
Tugas Tutorial II
MTK : Pembelajaran IPA di SD
Tutor :
Indah
Permaisari, S.Pd, M.Pd
Oleh
Nama/NIM : Aditia Malison / 859533446
Pokjar :
Mamasa
1. Keterampilan proses
dalam pembelajaran IPA di SD sangat penting, karena dengan menggunakan pendekatan keterampilan
proses di dalam proses pembelajaran IPA, peserta didik terlibat
langsung dengan objek nyata sehingga dapat mempermudah pemahaman peserta didik
terhadap materi pelajaran, peserta didik menemukan sendiri konsep-konsep yang
dipelajari, melatih peserta didik untuk berpikir lebih kritis, melatih
peserta didik untuk bertanya dan terlibat lebih aktif dalam pembelajaran,
mendorong peserta didik untuk menemukan konsep-konsep baru, memberi kesempatan
kepada peserta didik untuk belajar menggunakan metode ilmiah.
2. Menurut Carin (1992)
Mengobservasi adalah menjadi dasar akan suatu objek atau kejadian dengan
menggunakan segenap pancaindera (atau alat bantu dari pancaindera) untuk
mengidentifikasi sifat dan karakteristik.
3. Keterampilan mengenal
hubungan ruang dan waktu menurut Esler dan Esler (1984) meliputi keterampilan
menjelaskan posisi suatu benda terhadap lainnya atau terhadap waktu atau
keterampilan mengubah bentuk dan posisi suatu benda setelah beberapa waktu.
4.
Beberapa prinsip yang harus diperhatikan saat
guru memilih media untuk pembelajaran yang akan dilaksanakannya:
1) Memiliki
Bukti Keefektifannya
Prinsip penting pemilihan media pembelajaran
adalah efektivitas media pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran serta efektivitasnya
dalam membantu siswa memahami materi pembelajaran yang akan disajikan.
2) Sesuai
dengan Kurikulum Yang berlaku
Memilih media pembelajaran harus sesuai dengan
kurikulum yang berlaku, agar tujuan pembelajaran tercapai sesuai dengan
kurikulum.
3) Memberi
Kesempatan Siswa untuk Turut Berpartisipasi
Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam
pemilihan media dalam pembelajaran di kelas adalah interaktivitas. Seberapa
besar kemungkinan siswa dapat berinteraksi dengan media pembelajaran? Makin
interaktif media, makin bagus media pembelajaran itu karena lebih mendorong
siswa untuk terlibat aktif dalam belajar.
4) Memotivasi
dan Menarik Minat Siswa
Sebuah media pembelajaran sangat berpengaruh
pada minat siswa. Ada media-media pembelajaran yang dapat membangkitkan minat
siswa jauh lebih baik bila dibanding menggunakan media pembelajaran lain. Oleh
karena itu guru harus memperhatikan minat siswa
5) Bersifat
akurat dan berdasar pada perkembangan baru
Media pembelajaran yang baik adalah media yang
akurat dan selalu mengikuti perkembangan terbaru, IPA selalu berkembang dari
waktu ke waktu sehingga media yang digunakan pula mesti mengikuti berkembangan
tersebut.
6) Keamanan
Penggunaan Media Pembelajaran Bagi anak-anak SD
Guru harus hati-hati memilih media pembelajaran. Ada media
pembelajaran yang kalau tidak hati-hati dalam penggunaannya dapat mengakibatkan
kecelakaan atau siswa terluka. Media pembelajaran yang dipilih haruslah media
pembelajaran yang aman bagi mereka sehingga hal-hal yang tidak diinginkan saat
kegiatan pembelajaran sedang berlangsung tidak terjadi.
5.
Pertimbangan
kelayakan dalam memilih alat peraga yang baik, antara lain :
a. Pengenalan dan pemahaman guru dengan
jenis alat peraga;
b. Ketersediaan alat peraga di
lingkungan belajar setempat;
c. Ketersediaan waktu untuk mempersiapkannya;
d. Ketersediaan sarana dan fasilitas pendukungnya
6.
Karakteristik Pembelajaran Terpadu antara lain
:
a. Bersifat
holistik;
b. Berpusat
pada anak
c. Memberikan
pengalaman langsung kepada anak
d. Pemisahan
topik materi atau bidang studi tidak begitu jelas
e. Menyajikan
konsep-konsep dari berbagai topik materi atau bidang studi dalam sebuah pembelajaran
f. Hasil
pembelajaran dapat mendorong perkembangan anak lebih lanjut sesuai minat dan
kebutuhannya.
7.
Kelebihan-kelebihan diterapkannya pembelajaran
terpadu di SD :
a. Pengalaman
dan kegiatan belajar anak-anak selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak;
b. Kegiatan
yang dipilih sesuai dan bertolak dari minat dan kebutuhan anak;
c. Seluruh
kegiatan lebih bermakna bagi anak, sehingga hasil belajar akan bertahan lebih
lama;
d. Menumbuhkembangkan
keterampilan social anak.
Komentar
Posting Komentar